Rabu, 08 Februari 2012

Burung Maleo


Burung Maleo memiliki nama  Ilmiah Macrocephalon maleo  adalah burung endemik (hanya hidup secara alami di suatu kawasan) di Pulau Sulawesi.Burung Maleo memiliki ciri -ciri berupa ukuran tubuh Maleo sedikit lebih besar dari Ayam dewasa ,tonjolan besar di atas kepalanya yang berfungsi sebagai alat pendeteksi panas di tanah guna penetasan telurnya yang biasanya kalau di bertelur ia tanam di dalam pasir.

Burung Maleo yang bertelur biasanya langsung pingsan karena ukuran telurnya yang sangat besar yaitu kurang lebih 5 Kali ukuran Telur ayam.

Selasa, 07 Februari 2012

Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya.
Burung Cendrawasih Bercirikan dengan warna yang mencolok dan cerah, bulu berwarna kuning, biru, merah, dan hijau. Dengan warna-warna yang demikian mereka menjadi burung paling indah dan menarik di dunia, sehingga disebut sebagai burung dari surga.
Burung cendrawasih yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea, termasuk spesies tipenya, cendrawasih kuning besar, Paradisaea apoda. Jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang dibawa ke Eropa dari ekpedisi dagang. Spesimen ini disiapkan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat dijadikan hiasan. Hal ini tidak diketahui oleh para penjelajah dan menimbulkan kepercayaan

Burung kasuari

Burung Kasuari Gelambir-ganda  
( Casuarius casuarius) adalah salah satu burung dari tiga spesies Kasuari. Burung dewasa berukuran besar, dan dapat mencapai tinggi 170cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru serta  memiliki dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya.ciri lain dari burung kasuari ini terdapat tanduk yang berwarna kecoklatan di kepalanya. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan.
Kaki Burung Kasuari mempunyai ukuran yang besar dan memiliki 3 buah jari dengan di lengkapi dengan cakar yang tajam .Burung Kasuwari tidak memiliki kemampuan untuk terbang Burung Kasuari biasanya hidup sendiri, berpasangan hanya pada waktu musim berbiak. Anak burung dierami dan dibesarkan oleh burung jantan.

Senin, 06 Februari 2012

Burung Kepodang



Burung Kepodang
(Oriolus chinensis)  cukup dikenal dalam budaya Jawa Burung Kepodang juga sering dipergunakan dalam tradisi ‘mitoni’ (tradisi tujuh bulan kehamilan). Konon, ibu hamil yang memakan daging burung kepodang akan mendapatkan anak yang cantik atau tampan.

Burung Kepodang (Oriolus chinensis) berukuran relatif sedang, panjang mulai ujung ekor hingga paruh berkisar 25 cm. Bulunya indah berwarna kuning keemasan sedang bagian kepala,sayap dan ekor ada sebagian bulu yang berwarna hitam. Ciri khas burung Kepodang adalah terdapatnya garis hitam melewati mata dan tengkuk.


Makanan utama Burung Kepodang adalah buah-buahan seperti pisang dan papaya, serangga kecil dan biji-bijian dan sesekali memakan ulat bumbung dan ulat pisang. Burung Kepodang biasa hidup berpasangan. Burung betina biasanya membuat sarang dengan teliti pada ranting pohon.

Komodo



Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan oleh sebab itu pemerintah melindungi keberadaan komodo.
Komodo secara alami hanya ditemui di Indonesia, di pulau Komodo, Flores dan Rinca dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara.Hidup di padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah, biawak ini menyukai tempat panas dan kering ini. Mereka biasanya aktif pada siang hari, walaupun kadang-kadang aktif juga pada malam hari. Reptil besar ini dapat berlari cepat hingga 20 kilometer per jam pada jarak yang pendek; berenang dengan sangat baik dan mampu menyelam sedalam 4.5 meter; serta lincah memanjat pohon menggunakan cakar mereka yang kuat.Untuk menangkap mangsa yang berada di luar jangkauannya, komodo dapat berdiri dengan kaki belakangnya dan menggunakan ekornya sebagai penunjang.Dengan bertambahnya umur, komodo lebih menggunakan cakarnya sebagai senjata, karena ukuran tubuhnya yang besar menyulitkannya memanjat pohon.
Cara Reptil purba ini makan dengan cara mencabik potongan besar daging dan lalu menelannya bulat-bulat sementara tungkai depannya menahan tubuh mangsanya.


Minggu, 05 Februari 2012

Anoa



Anoa adalah hewan khas Sulawesi yang di lindungi .ada terdapat dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Penampilan mereka mirip dengan rusa dengan berat 150-300 kg. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.